Asal Usul Mangkok Bergambar Ayam Jago

daduwarkop-Mangkok Ayam jago

DADUWARKOP.COM – Untuk kamu yang pernah berkunjung ke warung tukang bakso atau mie ayam, Sebuah mangkok yang bergambar ayam jago disertai dengan tanaman peoni tentunya pasti diingat oleh kalian semua.hampir semua tukang bakso dan mie ayam yang membawa gerobak di pinggir jalan juga menggunakan mangkok ini sebagai wadah makanan untuk konsumennya.mungkin mangkok ini sudah menjadi kesayangan penjual bakso dan mie ayam di seluruh indonesia,hehe…

Saat melihat Mangkok Ayam Jago ini di jajanan kaki lima,apakah kamu pernah membicarakannya atau pernah berpikir darimanakah mangkok ini berasal?.

Mangkok ayam jago ini sudah sangat lama dikenal sebagai mangkok yang digunakan pedagang bakso dan mie ayam yang membawa gerobak di pinggir jalan maupun di warung makan.

Yuk kita cari tahu asal mangkuk ayam jago yang sudah melegenda di negeri kita ini.

Ternyata Mangkok Ayam Jago ini berasal dari negara china,Mangkok ini di China dikenal dengan nama Ji Gong Wan, Gong Ji Wan atau Ji Jiao Wan.

Untuk orang kanton, Mangkok ini disebut Ji Gong Wan.
Untuk penduduk dibagian Utara China, mangkok ini disebut Gong Ji Wan.
Orang orang dibagian Selatan China menyebutnya Ji Jiao Wan.

Ternyata Mangkok Ayam Jago ini bukan hanya terkenal di warung saja,tetapi sering digunakan sebagai properti di film-film hongkong.

Sebelum Mangkok Ayam jago ini masuk ke indonesia, Mangkok tersebut sudah ada sejak zaman Dinasti Ming di China sekitar 500 an tahun yang lalu lebih tepatnya tahun 1400-an.

Asal mulanya Mangkok Ayam Jago ini dari Dinasti Ming,zaman Kaisar Cheng Hua mempimpin di tahun 1465 – 1487,waktu itu dulu Kaisar memesan 4 buah cawan bergambar ayam jago ke pengrajin keramik di daerah Jingdezhen di provinsi Jiang Xi,Kaisar memesan Cawan khusus untuk dirinya dan istrinya.

Kata Ji yang berarti ‘ayam’, bunyinya mirip dengan kata Jia yang artinya ‘Rumah’. Sedangkan gambar tanaman Peoni yang ada di depan gambar ayam jago melambangkan kekayaan. dan pohon Pisan yang berdaun lebar bermakna keberuntungan untuk keluarga.karena makna yang mengandung kekayaan dan keberuntunggan, membuat Kaisar-kaisar lain pun menyukai mangkuk tersebut,bahkan ada Kaisar yang bernama Kaisar Qian Long yang memimpin di tahun 1735 – 1796 sempat membuat puisi untuk memuja Mangkok Ayam Jago tersebut.

Mangkok legendaris tersebut sudah diproduksi massal sejak jaman dinasti Qing,semua orang dari kerajaan dan seluruh masyarakat di china sana menggunakan mangkuk ini.

Penyebaran Mangkok Ayam Jago ini bisa sampai ke ke seluruh asia ialah Saat masyarakat china merantau ke negara-negara tetangga sampai keseluruh asia,mereka membawa Mangkok Ayam jago ini, Pabrik pembuat Mangkok inipun banyak ditemui di luar china.

Pada awalnya Mangkok Ayam Jago ini diproduksi di provinsi Guang Dong,
karena pabrik pembuat Mangkok ayam Jago ini banyak ditemui di banyak negara di luar China,Mangkok inipun menjadi sulit dibedakan mana yang asli diproduksi dari china dan mana yang tiruan, karena banyak pengrajin keramik yang meniru gambar Ayam Jago dan gambar tanamannya menggunakan mesin.

 

BACA JUGA : SAYURAN DAN BUAH RAKSASA YANG TUMBUH DI TANAH ALASKA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *